Pemeriksaan Payudara

Posted on 27 April 2010

1


Kanker payudara bisa menjadi penyakit mematikan jika tidak terdeteksi lebih awal dan diobati dengan tepat (obat, operasi, radiasi, atau kombinasi ini). Saat ini, ada tiga cara, ketika digabungkan, secara signifikan dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mendeteksi kanker payudara ketika sedang awal kemunculan.

Ketiga cara tersebut:

1. Breast Self-Exam (Pemeriksaan Mandiri),

2. pemeriksaan Tahunan oleh dokter, dan

3. mammogram Tahunan biasanya dimulai pada usia 40.

1. Breast Self-Exam (Pemeriksaan mandiri)

Memeriksa payudara sendiri setiap bulan adalah penting. Menemukan benjolan baru dan memeriksakan ke dokter Anda dapat membantu Anda mendeteksi kanker payudara sebelum dapat menyebar. Karena kebanyakan payudara kental dan bergelombang, manfaat nyata dari pemeriksaan payudara sendiri hanya terjadi ketika Anda telah mengenali benjolan dan gundukan yang terdapat di payudara Anda. Biasanya Anda dapat menentukan mana yang normal dan mana yang tidak normal setelah  Anda melakukan pemeriksaan payudara sendiri selama kurang lebih 6 bulan berturut-turut.

Kapan melakukannya.
Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri sekitar seminggu setelah menstruasi berakhir karena pada waktu lain selama siklus menstruasi Anda, payudara Anda mungkin lebih empuk dan kental (dari efek hormon dalam darah Anda). Jika periode Anda tidak teratur, melakukan ujian payudara sendiri pada hari yang sama setiap bulannya. Hal ini penting untuk membiasakan melakukannya setiap bulan.

Dimana untuk melakukannya.
Itu tidak masalah dari mana Anda melakukan ujian payudara sendiri, asalkan Anda melakukannya. Banyak wanita merasa nyaman dan mudah untuk melakukannya sambil mandi: ketika payudara dilapisi busa sabun, tangan akan lebih enak dan lancar menelusuri semua permukaan kulit payudara dan membuatnya lebih mudah untuk merasakan benjolan dan gundukan.

Bagaimana melakukannya.
• Letakkan lengan kanan Anda di atas kepala seperti ditunjukkan pada gambar. Gunakan tiga ujung jari tangan kiri (telunjuk,tengah dan jari manis) Anda untuk merasakan benjolan pada payudara kanan.
• Tekan cukup kuat untuk mengetahui bagaimana payudara Anda terasa. Gundukan agak keras di bawah kurva masing-masing payudara adalah normal.
• Selalu memeriksa payudara Anda dengan cara yang sama. Seperti yang digambarkan, dimulai di sekitar payudara Anda dalam pola melingkar dari luar ke bagian dalam (puting) adalah salah satu teknik. Cara lain adalah dengan memulai dari puting Anda ke arah luar, seperti jari-jari pada roda. Mintalah petunjuk dokter jika Anda memiliki pertanyaan. Pastikan untuk memeriksa di samping payudara Anda, serta bagian atas payudara. Banyak orang lupa jaringan ini, dan hampir 60% dari kanker payudara terjadi di bagian ini.
• Bekerja untuk mengingat bagaimana payudara Anda terasa dari bulan ke bulan. Tujuannya adalah untuk menjadi akrab dengan benjolan-benjolan yang ada dari bulan ke bulan sehingga Anda dapat mengetahui apakah ada yang baru terbentuk atau jika salah satunya tampaknya semakin besar.
• Ulangi proses pada payudara kiri, menggunakan jari-jari tangan kanan Anda.
• Jika Anda menemukan benjolan apapun, penebalan, atau perubahan dalam jaringan payudara Anda, beritahu dokter Anda.

2. Pemeriksaan tahunan (oleh dokter Anda)
Dimulai sekitar usia 20 tahun, dokter Anda akan mulai melakukan pemeriksaan payudara tahunan. Hal ini dilakukan untuk merasakan benjolan atau tonjolan daging yang mencurigakan. Dokter juga mencari petunjuk bila ada potensi dari kanker, termasuk simetri payudara (meskipun seperti dijelaskan sebelumnya, beberapa derajat asimetri adalah normal). Setelah memeriksamasing-masing payudara dalam gerakan melingkar, dokter biasanya melihat ke-asimetris-an payudara. Dokter mungkin meminta Anda untuk mengangkat tangan ke atas kepala, lalu meletakkan tangan Anda di pinggul Anda. Beberapa cara lainnya juga dapat membantu dokter menemukan masalah potensial.

3. Mamografi (foto)
Anda harus memiliki X-ray payudara Anda (mammogram) setiap tahun dimulai pada usia 40 (tau usia sebelumnya jika Anda memiliki faktor tertentu risiko lain seperti sejarah keluarga kanker payudara). Banyak studi telah menunjukkan bahwa mammogram tahunan dapat mendeteksi kanker kecil yang terlalu kecil untuk dilihat atau dirasakan, dan jauh sebelum mereka memiliki kesempatan untuk menyebar. Meskipun hal ini sudah direkomendasikan oleh  dokter dan organisasi layanan kesehatan lain, tetapi fakta berbicara bahwa 1 dari 2 wanita tidak mempunyai foto X-ray ini! Takut terhadap ketidaknyamanan payudara dan takut bahwa sesuatu yang buruk mungkin ditemukan adalah dua alasan utama mengapa begitu banyak perempuan tidak memiliki tes ini. Meskipun tes ini agak tidak nyaman, manfaat potensial (menangkap kanker mematikan sebelum dapat membunuh Anda) jauh lebih besar daripada ketidaknyamanan kecil.

Artikel lain:

  1. Bentuk Payudara dan Masalahnya
  2. Cara Alami Mengencangkan Payudara
  3. Anatomi Payudara