Bentuk Payudara dan Masalahnya

Posted on 27 April 2010

0


Bentuk Payudara

Payudara kanan dan kiri wanita sangat sering berbeda ukuran maupun bentuk. Kadang perbedaan ini jelas tapi tidak terlalu besar. Jika Anda baru menyadari perbedaan ini, pertanyaan pertama yang harus ditanyakan adalah apakah ada pertumbuhan daging padat atau kistik dalam salah satu payudara yang membuatnya lebih besar daripada yang lain. Oleh karena itu pastikan untuk mengunjungi dokter, jika Anda belum melakukannya, untuk memastikan bahwa ada tidaknya massa payudara yang menyebabkan kelainan tersebut.

Tiga faktor penentu utama penampilan payudara adalah ukuran, bentuk payudara individu dan posisi payudara dan puting ketika berdiri dalam posisi tegak. Jika koreksi bedah dilakukan dengan bedah kosmetik, keberhasilan terbaik diperoleh dengan koreksi ukuran saja. Jika kedua ukuran dan bentuk yang berbeda,pembedahan kurang memberikan hasil yang baik karena masing-masing payudara memerlukan prosedur bedah yang berbeda.

Apa yang menyebabkan perbedaan dalam ukuran dari payudara pada seseorang?

Kebanyakan dokter menganggap bahwa perbedaan ukuran payudara dipengaruhi oleh faktor genetik atau peristiwa-peristiwa yang dialami oleh wanita itu sendiri.

Payudara dirangsang untuk tumbuh di bawah pengaruh hormon estrogen pada gadis-gadis muda. Dimulai dengan perkembangan awal payudara dan sekitar dua tahun setelah itu periode menstruasi pertama terjadi. Payudara terus tumbuh selama sekitar 2-4 tahun dan selama waktu ini ada kemungkinan terjadi perbedaan dalam ukuran. Kehamilan atau menopause adalah 2 faktor yang juga dapat mengubah ukuran dan bentuk payudara.

Sebuah aturan-praktis yang umum digunakan adalah jika perbedaan ukuran payudara kurang dari volume cup bra, biasanya tidak memerlukan pembedahan. Jika Andaberpikir satu payudara Anda adalah seukuran cup penuh dari bra Anda, sementara yang satunya jauh berbeda, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan operasi plastik oleh dokter bedah plastik.

Jika Anda memiliki kesulitan untuk menentukan ukuran cup Anda mungkin Anda bisa menerapkan cara mengukur yang digunakan oleh para ahli bedah plastik. Denganmenggunakan teknik ini, Anda memerlukan alat pengukur atau meteran. Mulai di bagian pangkal payudara. Tarik ke bagian atas dari payudara (biasanya di puting) terus ke pangkal payudara satunya. Jika pengukuran adalah:

  • 7 inci (17.8 cm) – ukuran cup adalah A
  • 7.5 inci (19.0 cm) – ukuran cup adalah A+
  • 8 inci (20.3 cm) – ukuran cup adalah B
  • 8.5 inci (21.6 cm) – ukuran cup adalah B+
  • 9 inci (22.9 cm) – ukuran cup adalah C
  • 9.5 inci (24.1 cm) – ukuran cup adalah C+
  • 10 inci (25.4 cm) – ukuran cup adalah D
  • 10.5 inci (26.7 cm) – ukuran cup adalah D+
  • 11 inci (30 cm) – ukuran cup adalah DD (atau E)
  • Kapan asimetri payudara akan diperbaiki melalui pembedahan

    Banyak ahli bedah memilih untuk tidak melakukan operasi kosmetik sebelum usia 18 meskipun ini dipertanyakan. Secara umum, bagaimanapun, yang terbaik adalahtidak melakukan operasi selama payudara masih dalam masa pertumbuhan. Pengecualian untuk ini mungkin bisa dilakukan untuk pembesaran payudara besar disebuthipertrofi. Jika ada pertumbuhan asimetris dengan hipertrofi berat (lebih besar dari ukuran cup D) pada masa remaja, maka operasi dapat dilakukan pada usiayang jauh lebih muda meskipun payudara lainnya belum selesai pertumbuhannya.

    Bedah untuk payudara asimetri mungkin memerlukan penambahan salah satu atau kedua payudara, pengurangan satu atau kedua payudara jika ada gejala hipertrofi,atau bahkan penambahan satu payudara dan pengurangan untuk satunya.

    Bagaimana dengan payudara yang melorot (ptosis)? Apakah mereka bisa diperbaiki?

    Payudara secara alami, setelah menopause melengkung ketika mereka kehilangan jaringan lemak dan jaringan penyokongnya akan melemah. Sebelum itu, payudara juga dapat kehilangan lemak dan cairan setelah kehamilan dan menyusui. Benar ptosis bisa terjadi sebelum menopause dan mungkin perubahan bawaan seperti asimetri. Hal ini dapat diperbaiki melalui pembedahan dengan apa yang disebut sebuah mammopexy atau “pengikatan” dari payudara. Implantasi dapat memperbaiki ptosis ringan.

    Apa yang bisa dilakukan ketika ukuran dan bentuk payudara tidak normal?

    Ada beberapa ukuran payudara dan anomali bentuk  yang bisa diperbaiki dengan bedah kosmetik. Payudara berbonggol disebut demikian karena berbentuk seperti tabung. Dasar payudara tidak luas melainkan terbatas sehingga payudara tampak lebih mirip sebuah tabung daripada kerucut. Payudara berbonggol dapat diubah melalui operasi.

    Kurang berkembangnya payudara atau hipoplasia, adalah kondisi lain yang mungkin menjadi karakteristik keluarga atau bawaan. Ahli bedah dapat menambahkan implan ke payudara. Hiperplasia adalah kondisi sebaliknya, yaitu, payudara yang terlalu besar. Ahli bedah telah dapat memperbaiki kondisi ini selama bertahun-tahun.

    Abnormalnya bentuk dan ukuran payudara bisa berbahaya bagi harga diri wanita. Perlu perhatian yang serius untuk mengetahui beberapa perbedaan payudara baik bentuk maupun ukurannya. Hal ini juga sangat penting untuk memahami bahwa hampir tidak ada wanita yang memiliki dua payudara yang ukuran dan bentuknya identik. Perbedaan tersebut selalu ada, yang berbeda pada setiap orang adalah soal derajat perbedaannya.

    Posted in: Tentang Payudara