Masalah Kesehatan Wanita

Posted on 5 May 2010

0


Masalah kesehatan Wanita

Hari ini, tampaknya wanita memiliki masalah kesehatan lebih kompleks dan lebih serius dari sebelumnya. Jumlah dan jenisnya lebih besar dan beranekaragam daripada sebelumnya ataukah mungkin disebabkan kita lebih menyadarinya daripada sebelumnya? Atau karena isu-isu tentang perempuan telah banyak diangkat ke permukaan? Bisa jadi ya, tetapi yang jelas, jenis penyakit yang dialami oleh wanita sering kali sangat berbahaya dan sering kali terlambat untuk  ditangani.

Salah satu isu yang sering kali tidak mendapatkan perhatian yang layak adalah kanker payudara. Secara statistik Kanker Payudara sangat mengkhawatirkan, dan hampir semua orang yang Anda kenal seperti saudara atau ibu bisa terkena penyakit mematikan ini. Jika terdeteksi cukup dini, hal ini bisa lebih cepat ditangani. Setiap wanita (muda dan tua) harus memeriksa payudara secara rutin setiap bulan untuk mendeteksi ada atau tidak benjolan aneh atau tanda-tanda yang tidak biasa. Hal ini dapat dilakukan di kamar mandi, dengan satu lengan diangkat dan yang lain memeriksa payudara yang berlawanan. Tangan kiri untuk payudara kanan dan sebaliknya. Tanyakan pada dokter bagaimana Anda melakukan ini secara spesifik. Jika Anda merasa curiga terhadap sesuatu terdapat di payudara Anda, segera tanyakan dengan dokter Anda.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menjadi konsumen yang sadar; menyadari dan mengetahui informasi baru tentang bahan-bahan atau zat-zat apa yang potensial mengandung karsinogen (agen penyebab kanker). Menyadari dan mengambil waktu untuk belajar tentang kesehatan payudara dapat membuat sebuah perbedaan di lingkunagan kita atau bahkan dunia.

Masalah kesehatan utama bagi perempuan yang lain adalah penyakit jantung. Penyakit jantung telah meningkat menjadi penyakit penyebab kematian yang tinggi, dan itu tidak hanya terjadi pada orang-orang yang akan dicurigai mempunyai kecenderungan mengidap penyakit ini. Ketika orang berpikir penyakit jantung, kebanyakan orang berpikir tentang obesitas berat. Namun, perempuan bisa menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyumbatan arteri karena pilihan makanan yang buruk, kurangnya olahraga, dan stres.  Percaya atau tidak, jika Anda makan makanan cepat saji secara teratur dan melewatkan olahraga setelah hari kerja yang sangat menegangkan berakhir, Anda mungkin berada dalam kategori risiko tinggi daripada teman Anda yang banyak makan makanan sehat, dan praktek yoga dua kali seminggu.

Jika Anda tahu, Anda berada di kelompok pertama, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri adalah untuk mulai membuat perubahan kecil. Jika Anda sering berada dalam kondisi pekerjaan yang penuh tekanan dan sering membuat Anda stress, pastikan Anda istirahat sejenak paling tidak sekali dalam waktu 1-2 jam dan lakukan latihan pernapasan, dan meregangkan tubuh di tempat kerja. Pergi ke kamar mandi wanita untuk  melakukannya jika perlu! Cobalah untuk membuat pilihan makanan yang lebih pintar, bahkan jika perlu menghilangkan salah satu makanan junk food Anda. Cobalah untuk lebih sering jalan kaki di tempat kerja Anda. Kurangi frekuensi Anda, dalam menggunakan lift. Semakin cepat Anda membuat perubahan, Anda akan sehat dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Masalah ketiga untuk perempuan dan semakin meningkat adalah kegemukan (obesitas). Sementara wanita dapat mengambil beberapa langkah yang sama untuk menghinddari obesitas seperti pada penyakit jantung di atas, orang yang menderita obesitas mungkin perlu untuk mengambil tindakan yang lebih drastis untuk menurunkan berat badan mereka. Jika Anda gemuk, pastikan Anda melakukan diet yang sehat sehingga Anda tidak terkena penyakit jantung, diabetes, atau sejumlah masalah lain yang ditimbulkan oleh masalah kelebihan berat badan. Kebiasaan makan makanan yang manis-manis, banyak mengandung lemak harus ada tinggalkan.

Setali tiga uang dengan kebiasaan makan yang tidak sehat adalah kebiasaan malas untuk berolahraga. Untuk memulai olah raga pada awalnya memang akan terasa berat dan sakit. Tetapi sekali Anda dapat memaksakan diri dan tubuh Anda, untuk melewati rasa malas dan sakitnya, Anda akan menemukan suatu kebiasaan baru yang sehat dan menyenangkan, yaitu berolahraga. Dan Anda akan segera merasakan dan melihat perbedaannya. Anda akan melihat bahwa Anda memiliki energi yang lebih.  Saat Anda mempunyai energi yang lebih besar, Anda akan mempunyai kekuatan yang makin besar sepanjang hari. Dan tanpa terasa, hal itu akan menuntut pembakaran kalori yang besar juga. Dan kalori yang tersimpan di tubuh Anda tidak sempat diubah menjadi gumpalan lemak yang ditumpuk.

Isu-isu kesehatan wanita tidak hanya dibahas oleh para wanita saja pada jaman sekarang ini, tetapi juga telah diangkat oleh para aki-laki. Dan bahkan kita para wanita, sedikit mendapat keistimewaan karena di banyak negara ada kementerian yang khusus menangani masalah permepuan. Lalu kenapa kita para wanita sendiri belum mau untuk  menyadari masalah kesehatan kita sendiri?